soimah

SOIMAH

Nama Lengkap:  Soimah Pancawati
Alias:   Soimah
Tanggal Lahir:   29 September 1980
Tempat Lahir:   Pati, Jawa Tengah
Zodiac:   Libra
Tinggi Badan:   165 cm
Kewarganegaraan:   Indonesia
Ayah:   Hadinarko (alm)
Ibu:   Kasmiyati (alm)
Saudara:   Solihati (kakak perempuan), Solihin (kakak laki-laki), Sofiah (kakak perempuan), Sofiatun (kakak perempuan), Nur Laila (adik perempuan), Sinta Fitriani (adik perempuan)
Suami:   Herwan Prandoko (sejak 2002)
Anak:   Aksa Uyun Dananjaya, Diksa Naja Naekonang

Biografi

Soimah Pancawati atau yang lebih dikenal dengan Soimah adalah artis multitalenta yang lahir pada tanggal 29 September 1980 di Pati, Jawa Tengah. Soimah adalah anak dari pasangan penjual ikan Hadinarko dan Kasmiyati. Ia merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara. Kini, ia tengah disibukkan dengan kegiatan syuting untuk acara – acara reality show dan talk show yang tayang dibeberapa televisi swasta berbeda, salah satunya ‘Show Imah’.

Soimah menikah dengan Herwan Prandokopada tahun 2002 dan telah dikaruniai dua orang putra yakni Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang. 

Bakat seni sejatinya telah mengalir dalam diri Soimah sejak masih kecil. Tantenya, MM Ngatini adalah istri dari pemilik padepokan tari Bagong Kussudiardjo yang ada di Jogjakarta. Ngantini selalu menyarankan agar Soimah bergaul dengan berbagai komunitas seni.

Usai lulus Sekolah Menengah Pertama, Soimah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) jurusan karawitan. Bakat dan kemampuan vokal Soimah menjadi salah satu faktor dirinya untuk memenangkan lomba kesenian, seperti Juara 1 lomba menyanyi Bintang Karaoke Dangdut se Jateng-DIY, dan Juara 1 Bintang Televisi, serta Juara Dara Ayu.

Karir Soimah kian melambung saat dirinya bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation. Ia dan komunitas seninya tersebut menjalani tur dunia untuk yang pertama kalinya, tepatnya pada 14 Mei 2011. Sejak itulah awal kebangkitan seorang Soimah untuk memulai karir di layar kaca dan panggung hiburan.

Karir pertamanya di dunia pertelevisian yakni saat ia menjadi penyanyi latar di acara ‘Seger’ yang tayang di AnTV. 

Sosok Soimah tidak hanya terkenal karena suaranya yang khas dan merdu. Pembawaan kocak artis 33 tahun ini membuatnya seringkali didapuk menjadi komedian. Tak hanya itu, bakatnya dalam melawak juga membuatnya mendapat program talk show pribadinya yakni ‘Show Imah’. Soimah juga sering tampil di acara – acara komedi, salah satunya ‘Yuk Keep Smile (YKS)’.

Foto

Belum ditemukan.

Berita

Belum ditemukan.

Media Sosial

Twitter:   @showimah

Komentar