najwa-shihab-featured

Najwa Shihab

Nama Lengkap: Najwa Shihab
Alias: Nana
Tanggal Lahir: 16 September 1977
Tempat Lahir: Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Agama: Islam
Suami: Ibrahim Assegaf
Ayah: Quraisy Shihab
Anak: Izzat

Biografi

Najwa Shihab atau yang akrab dipanggil Nana lahir pada tanggal 16 September 1977 di Makassar, Sulawesi Selatan, adalah presenter Metro TV. Najwa dikenal sebaga anchor program berita prime time Metro Hari Ini dan program talk show Today’s Dialogue. Namanya semakin dikenal luas masyarakat Indonesia setelah membawakan acara Mata Najwa.

Najwa adalah puteri kedua Quraisy Shihab, Menteri Agama Kabinet Pembangunan VII. Nana menikah dengan Ibrahim Assegaf, dan telah memiliki satu orang anak laki-laki yang akrab dipanggil Izzat

Najwa Shihab lulus dari Fakultas Hukum UI tahun 2000. Saat masih duduk dibangku SMA ia terpilih mengikuti program AFS, yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Amerika Serikat.

Najwa mengawali karirnya sebgai jurnalis dengan bekerja di RCTI. Tahun 2001 ia memilih pindah ke Metro TV karena stasiun TV itu dinilai lebih memenuhi minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Pada Juni 2012, Najwa nyaris mendapat sanksi berat dari perusahaannya setelah namanya dicatut dengan diklaim mendukung pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama. Putri kandung dari cendekiawan muslim, Quraish Shihab itu kemudian menggugat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI itu.

Najwa Shihab terkejut nama dan “testimoni”-nya tiba-tiba muncul dalam dalam website resmi Jokowi-Basuki. “Najwa sebagai pribadi dan dari Metro TV kemudian melayangkan surat keberatan kepada pihak Eep Saefullah Fatah selaku konsultan politik pemenangan Jokowi-Basuki pada Jumat (25/5/2014).

Sebagai jurnalis, Najwa Shihab berhasil meraih penghargaan Asian Television Awards (ATA) 2011 sebagai pemenang kedua atau Highly Commended untuk kategori Best Current Affairs Presenter dalam acara Mata Najwa di Metro TV. Sebelumnya pada tahun 2009 ia juga menjadi juara kedua dan pada tahun 2007 menjadi juara ketiga.

Najwa tercatat sebagai jurnalis yang pertama mewawancarai Presiden SBY, tidak lama setelah pelantikan. Selama karirnya Najwa sudah mewawancari banyak tokoh politk nasional. Selain itu, Najwa juga pernah mewawancarai tokoh manca negara diantaranya mantan Deputi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Foto

 

Berita

Video Lucu Najwa Shihab Sentil Koruptor Oleh @EkaGustiwana

Media Sosial

Twitter: @NajwaShihab

Komentar