Gambar Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armaiyn

Nama Lengkap: Ilham Udin Armaiyn
Alias: Ilham | Armain
Profesi: Pemain Sepak Bola
Agama: Islam
Tanggal Lahir: 10 Mei 1996
Tempat Lahir: Halmahera Selatan, Maluku Utara
Kewarganegaraan: Indonesia
Ibu: Rohani

Biografi

Ilham Udin Armaiyn lahir di Desa Lelei Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utura pada 10 Mei 1996. Sejak kecil ia sudah menjadi anak yatim setelah ditinggal oleh Ayahnya pada usia 9 tahun karena sakit.

Ilham merupakan anak keempat dari enam bersaudara. Ia diasuh oleh ibunya yang bernama Rohani. Perjuangan Rohani dalam merawat dan membesarkan Ilham serta lima saudaranya sangatlah berat. Ani menjadi tulang punggung keluarga setelah suaminya  meninggal. Ibu Ilham bekerja sebagai pembantu rumah tangga demi demi menafkahi dan membesarkan anak-anaknya.

Talenta Ilham Udin dalam sepak bola sudah terlihat dari kecil. Sang ibu pun mengetahui bakat anaknya. Namun Rohani tidak bisa berbuat banyak dan tidak sepenuhnya menyokong Ilham menjadi pesepakbola. Akan tetapi dukungan moril yang diberikan sang ibu kepada Ilham dan motivasi dari sang ibu membuat Ilham bersemangat untuk meraih impian menjadi pesepakbola seperti saat ini.

Karir pertama Ilham Udin di dunia sepak bola berkat perjuangan dari sang Paman, Safrin yang mendaftarkan Ilham ke Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Gamalan di Tarnate. Dari sinilah talenta Ilham mulai terasah. Sebelum bergabung  menjadi pemain timnas, Ilham pernah bergabung dengan Persiter Ternate hingga akhirnya Ilham dilirik oleh timnas dan bergabung menjadi pemain muda Indonesia U-15.

Talenta terus berkembang, hingga Ilham kembali ditarik ke Timnas Indonesia U-17. Bahkan di Timnas U-17 Ilham dipercaya menjadi Kapten dan berhasil membawa timnas Indonesia U-17 menjuarai turnamen internasional di Hongkong.

Saat ini, Ilham Udin Armaiyn kembali menoreh prestasi di ajang AFF U-19. Menjadi striker andalan dari timnas U-19, Ilham kembali menjadi juru kunci kemenangan Indonesia menjadi juara AFF U-19. Tak hanya itu, Ilham juga menjadi salah satu faktor penyebab Indonesia bisa lolos ke semi final saat melawan Malaysia dimana Ilham berhasil menyumbangkan satu gol saat itu. Dalam laga pamungkas melawan Vietnam, Ilham Udin Armaiyn  menjadi penendang penalti terakhir sekaligus penentu kemenangan Indoesia atas Vietnam dengan hasil akhir 7-6 sekaligus mengantarkan Timnas U-19 Indonesia menjuarai Piala AFF.

Tak lama setelah berhasil menjuarai piala AFF U-19, Ilham Udin Armayn kembali memperkuat timnas U-19 dalam laga piala AFC U-19. Laga perdana mereka melawan Laos berhasil dengan kemenangan telak 4-0 untuk Indonesia.

Dalam laga kualifikasi piala Asia U-19 berikutnya melawan Korea Selatan, Meskit tidak berhasil mencetak gol, Ilham juga ikut berkontribusi danmengantarkan Timnas U-19 meraih kemengangan atas Korea Selatan dengan skor 3-2, membuat Timnas U-19 menjadi Juara Group G Kualifikasi AFC U-19 dan mengantarkan Timnas U-19 ke Piala Asia U-19 2014 yang digelar pada bulan Oktober di Myanmar.

Foto

Berita

Belum ditemukan.

Media Sosial

Twitter: @Ilham_Armaiyn

Komentar