evan-dimas-2

Evan Dimas

Nama Lengkap : Evan Dimas Darmono
Alias: Evan Dimas
Tanggal Lahir: 13 Maret 1995
Tempat Lahir: Surabaya
Zodiac: Aries
Kebangsaan: Indonesia
Ayah: Condro Darmono
Ibu: Ana

Biografi

Evan Dimas Darmono lahir di Surabaya 13 Maret 1995 adalah pemain sepakbola yang bermain di Timnas u-19 dan sekarang telah dipanggil ke TImnas senior.  Ia merupakan anak dari pasangan Condro Darmono dan Ana. Ayahnya bekerja sebagai tenaga security di salah satu komplek perumahan elit di kawasan Surabaya Barat.

Evan menyelesaikan proses belajarnya di SMA Shafta Lontar Citra Surabaya. Ia pertama kali tekun bermain sepakbola sejak kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Ia sempat menimba ilmu di SSB Sasana Bhakti (Sakti) bersama saudara sepupunya, Feri Ariawan. Bakatnya semakin terasah, ketika ia bergabung dengan SSB Mitra Surabaya pada 2007, saat itu Evan masih berusia 12 tahun.

Di lapangan hijau, ia berperan sebagai gelandang. Meski postur tubuhnya mungil, daya jelajahnya sangat tinggi. Evan juga dikenal sebagai gelandang yang memiliki tenaga ekstra. Mitra Surabaya, salah satu klub yang berada dalam naungan kompetisi internal PSSI Surabaya, menjadi tim pertama yang dibela oleh Evan. Penampilan gemilangnya bersama Mitra, membuat namanya termasuk dalam skuad Surabaya untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III Jatim 2011. Selain itu, ia juga tercatat sebagai pemain tim Divisi II, Surabaya Muda.

Evan menyandang ban kapten Tim Nasional (Timnas) U-17 Indonesia, sekaligus sukses mengantar Garuda Muda menjuarai HKFA International Youth Invitation Tournamen di Hongkong, awal 2012.

Pada 2012 Evan terpilih sebagai wakil Indonesia dalam ajang pencarian bakat bertajuk ‘The Chance’, yang disponsori oleh salah satu apparel terkenal. Ia kemudian terbang ke Barcelona, menyisihkan ratusan ribu pemain muda lainnya di Indonesia. Di Barcelona, Evan  mendapat pelatihan dan arahan langsung dari eks pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Tahun 2013 Evan Dimas dipercaya sebagai kapten Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 dan mengantarkan garuda muda menjadi juara. Tak lama setelah berhasil menjuarai piala AFF U-19, Evan Dimas dan garuda muda lainnya kembali berlaga di piala AFC U-19. Laga perdana mereka melawan Laos pada 8 Oktober 2013 berakhir manis, Timnas U-19 menang telak atas laos 4-0, Evan Dimas menyumbang satu goal dalam laga itu.

Dalam laga kualifikasi piala Asia U-19 berikutnya melawan Korea Selatan, Evan dimas membuat Hattrick, mencetak 3 goal, Timnas U-19 mengalahkan juara bertahan Piala Asia 11 kali, Korea Selatan dengan skor 3-2, membuat Timnas U-19 menjadi Juara Group G Kualifikasi AFC U-19 dan mengantarkan Timnas U-19 ke Piala Asia U-19 2014 Oktober mendatang di Myanmar.

Pada Oktober 2014 Timnas Indonesia U-19 gagal memenuhi target di Piala Asia yang berlangsung di Myanmar. Evan Dimas bersama timnya tersingkir tanpa meraih satu poin pun. Bergabung di Grup B, Evan Dimas cs berada di posisi paling bwah dan gagal ke perempat final.

Setelah kembali dari Piala Asia di Myanmar, Evan Dimas dan Maldini Pali mendapat panggilan untuk membela timnas senior Indonesia. Menyusul kemudian empat pemain timnas U-19 lainnya yaitu Ilham Udin, Paulo Sitanggang, Hansamu Yama, dan Muchlis Hadi.

Debutnya bersama Timnas senior adalah saat laga uji coba menghadapai Timor Leste pada Selasa (11/11/2014). Evan Dimas langsung diturunkan pada babak pertama. Dalam laga itu Evan Dimas berhasil mencetak sebuah Gol dan laga berakhir dengan kemenangan Indonesia dengan skor 4-0.

Evan Dimas berhasil mencetak gol di debut resminya bersama Timnas saat menghadapi Laos di laga pamungkas Grup A Piala AFF 2014, Jumat (28/11/2014) malam. Evan menerima sodoran dari Cristian Gonzales di depan kotak penalti lawan dan berhasil menjebol gawang Laos. Gol tersebut menyamai sejumlah catatan yang juga pernah ditorehkan Boaz Solossa salah satunya adalah mengemas gol internasional perdana di Piala AFF. Sebelumnya, Evan memang pernah tampil di laga uji coba melawan Timor Leste dan berhasil mencetak gol. Namun, laga tersebut tidak berstatus sebagai pertandingan resmi FIFA.

Foto

Berita

Belum ditemukan.

Media Sosial

Twitter: @vhandimaz

Komentar