Tekad SBY Pindahkan Ibukota Semakin Bulat Setelah Kunjungi Kazakhstan

Tekad SBY Pindahkan Ibukota Semakin Bulat Setelah Kunjungi Kazakhstan

Setelah melawat ke Kazakhstan, tekad Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, untuk memindahkan Ibukota Republik Indonesia semakin bulat. Kazakhstan adalah salah satu contoh negara yang sukses memindahkan ibu.

Ibukota Kazakhstan, Astana dihiasi dengan Arsitektur megah nan mewah yang berjejer. Astana menggantikan Almaty sebagai Ibu Kota Kazakhstan sejak tahun 1997.

“Kami membentuk tim kecil untuk mulai memikirkan kemungkinan pemindahan Ibukota kita, dalam arti biar pusat ekonomi, perdagangan, dan lain-lain tetap di Jakarta, tetapi pusat pemerintahan kita pindahkan di tempat yang lain,” kata Presiden SBY dalam keterangan pers di Hotel Grand Emerald, St. Petersburg, Rusia, Sabtu 7 September 2013, seperti dikutip laman resmi Presiden.

SBY sudah membentuk tim kecil mengenai wacana ini tiga tahun lalu, tetapi Presiden memilih diam.

“Mengapa saya lebih memilih diam, karena kebiasaan di negeri kita ini apapun kalau muncul ide baru langsung didebat atau disalahkan. Sebaliknya kalau saya mengatakan tidak perlulah kita memikirkan pusat pemerintahan yang baru, tetap disalahkan juga,” SBY menambahkan.

Presiden memberi contoh negara-negara yang sudah memisahkan pusat pemerintahan dengan pusat ekonomi, seperti Turki, Australia, dan Malaysia.

“Saya kira banyak contoh di dunia yang dipisahkan. Tentu ada plus dan minusnya. Kalau nanti kita berpikir membangun pusat pemerintahan yang baru, kita pastikan Jakarta akan menjadi jauh lebih baik, dan pusat pemerintahan yang baru juga dapat berfungsi secara efektif,” kata SBY.

Apakah Anda setuju jika Ibukota Indonesia dipindahkan, jika setuju sebaiknya dipindahkan ke mana?

Pendapat Anda