• Tag

  • Berita Pilihan

    kemendikbud

    Uang Kuliah Tunggal (UKT) Resmi Diberlakukan

    NasionalPendidikanPerguruan Tinggi

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh menerbitkan Permendikbud Nomor 55 Tahun 2013 tanggal 23 Mei 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Aturan ini mulai berlaku tahun ini (2013) bagi mahasiswa PTN yang masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

    BKT adalah keseluruhan biaya yang dibutuhkan untuk operasional program studi tertentu di PTN. Sedangkan UKT adalah biaya yang harus dibayar mahasiswa setelah sebagian BKT disubsidi pemerintah melalui Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

    Menurut M Nuh, penerapan sistem BKT/UKT ini sebagai upaya agar biaya kuliah mahasiswa bisa lebih murah karena biaya operasional PTN sudah ditanggung pemerintah melalui BOPTN.

    Alokasi BOPTN diberikan kepada mahasiswa reguler yang masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dengan kuota sebesar 80 persen.
    Sedangkan 20 persen lagi untuk jalur non reguler.

    Besaran alokasi BOPTN di tiap PTN  juga berbeda-beda. Sebagai contoh di tahun 2013 ini,  BOPTN untuk Universitas Indonesia sebesar Rp 226,79 miliar, Universitas Terbuka Rp 100 miliar, dan Universitas Gadjah Mada sebanyak Rp 170 miliar.
    Besaran BOPTN  ini akan dievaluasi setiap tahun berdasarkan faktor kualitas sesuai dengan akreditasi.

    Sumber: dikti.go.id

    Baca juga:

    Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) 2013

    Advertisement
    Berita Terkait
    Berita Terkait
    Diskusi