• Tag

  • Berita Pilihan

    singkong

    Sejarah Singkong

    SejarahMakananSejarah Indonesiasingkong

    Singkong, makanan yang dulu sering dianggap sebagai makanan “ndeso” atau berasal dari kampung, ternyata bukan berasal dari Indonesia. Singkong atau cassava (Manihot esculenta) pertama kali di kenal di Amerika Selatan dan dikembangkan di Brasil dan Paraguy pada zaman prasejarah. Singkong dijadikan sebagai bahan makanan pokok penduduk asli Amerika Selatan bagian utara, selatan Mesoamerika, dan Karibia sebelum Columbus datang ke Benua Amerika.

    Budidaya singkong kemudian dilanjutkan oleh kolonial Portugis dan Spanyol ketika bangsa-bangsa tersebut menaklukan daerah tersebut.

    Singkong yang masuk ke Indonesia berasal dari Brasil yang diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Singkong mulai ditanama secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810.

    Di Indonesia, singkong dari Brasil diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Selanjutnya singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810.

    Kini berbagai macam makanan olahan singkong sudah sangat beragam bahakan sudah dikemas secara modern dan sudah menyebar di seluruh Indonesia.

    Baca juga:

    Asal Usul Sambal

    (Sumber: Sejarah Bangsa Indonesia, Warta Bantul; Sumber Gambar: Intisari)

    Admin @SejarahRI Twitter

    Advertisement
    Berita Terkait
    Berita Terkait
    Diskusi