Akun Twitter Kantor Berita AP Dibajak, Sebarkan Hoax Gedung Putih Dibom

Akun Twitter Kantor Berita AP Dibajak, Sebarkan Hoax Gedung Putih Dibom

Akun twitter kantor berita Internasional, Associated Press (AP) sempat dibajak oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab. Dalam akun @AP, sang pembajak menyebutkan “dua ledakan terjadi di Gedung Putih dan Barack Obama terluka,” ujar akun tersebut. Sontak ribuan orang me-Retweet pernyataan tersebut.

Situs AP sejatinya memberikan cuplikan-cuplikan beritanya menggunakan akun twitter @AP tersebut. Status akun tersebut yang sudah diverified membuat jutaan orang yang menjadi followersnya mempercayai semua tweet yang dikicaukan akun tersebut.

Akun Twitter AP dibajak
Akun Twitter AP dibajak
ap5
Screenshot akun twitter AP yang dibajak

Pihak AP pun langsung mengkonfirmasi perihal status palsu tersebut. Melalui Sam Hananel, AP meminta pengguna twitter untuk mengabaikan twit @AP tersebut.

“tolong abaikan twit AP mengenai ledakan, kami dibajak,” ujar Sam Hananel.

indeks dowjones yang sempat anjlok
indeks dowjones yang sempat anjlok

Namun himbauan Sam tak dapat menghalangi apa yang  terjadi pada bursa saham Dow Jones, Amerika yang sudah terlanjur anjlok. Pasalnya twit AP yang dibajak tersebut mempengaruhi para pemodal dan investor sehingga membuat indeks saham anjlok hingga 30 poin saat itu.

Beruntung kejadian ini tak terlalu berpengaruh hingga mempengaruhi perekonomian. Karena pihak gedung putih pun langsung memberi keterangan pers mengenai pembajakan akun twitter AP tersebut. beberapa waktu belakangan,

Amerika Serikat memang sangat sensitif dengan isu bom. pasalnya pemboman di Boston masih sangat segar terjadi dan mengguncang perhatian seluruh masyarakat.

Beberapa akun tak bertanggung jawab pun sempat memanaskan situasi dengan mengakui bahwa pembajakan tersebut merupakan tindakannya. Saat inipun akun twitter AP telah di blok untuk sementara waktu agar dapat menelusuri siapa pelaku kejahatan cyber tersebut.

Pendapat Anda