gajah-mada

Siapa Patih Gajah Mada Sebenarnya? Mengapa Kematiannya Begitu Misterius?

,

Sosok Patih Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Hamukti Palapa-nya hingga saat ini masih menjadi suatu misteri, begitupun dengan penyebab kematiannya.

Banyak sastrawan dan juga sejarahwan di Indonesia memberikan informasi dalam berbagi versi mengenai bagaimana dan apa sebenarnya penyebab kematian dari seorang yang dikenal sebagai pahlawan pada masanya.

Beberapa dari mereka mengungkapkan bahwa Patih Gajah Mada meninggal karena sakit, namun ada sebagian lainnya yang mengungkapkan bahwa beliau meninggal karena konspirasi dari pejabat Kerajaan Majapahit ketika terjadi perang Bubat.

Bahkan, di lain pihak, meninggalnya Patih Gajah Mada diungkapkan karena adanya murca (moksa) dalam arti bahwa beliau meninggal tanpa meninggal jasad (jasad menghilang).

Berdasarkan informasi yang dirilis dari beberapa website, seperti merdeka.com, diperoleh fakta yang muncul dalam acara Seminar Borobudur Writers & Cultural Festival 2012 bertemakan; “Kontroversi Gajah Mada Dalam Perspektif Fiksi dan Sejarah” di Manohara Hotel, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Sejarawan sekaligus Arkeolog Universitas Indonesia (UI) Agus Aris Munandar mengungkapkan banyak versi kematian Gajah Mada.

Di satu sisi, banyak foklor (cerita dari mulut ke mulut) dari masyarakat di sekitar situs Trowulan, Jatim yang menyatakan bahwa Gajah Mada tewas setelah melakukan perang Bubat.

gajah mada 1 Siapa Patih Gajah Mada Sebenarnya? Mengapa Kematiannya Begitu Misterius?
Ilustrasi, lukisan Gajah Mada.
Komentar

Berita Terbaru