Bom Boston Jadi Perhatian Masyarakat Dunia
Polisi mendorong kursi roda anak yang kakinya terluka, sedangkan petugas medis membawa pelari yang terluka.

Bom Boston Jadi Perhatian Masyarakat Dunia

Meledaknya bom di perhelatan Boston Marathon telah menimbulkan reaksi yang sangat besar tak hanya masyarakat Amerika Serikat, namun masyarakat dunia. Trending topik jejaring sosial Twitter pada 24 jam terakhir pun masih ditempati oleh tragedi bom Boston.

Bagaimana tidak, bom berdaya ledak cukup besar meledak di tengah kerumunan masyarakat yang menonton perhelatan maraton tahunan.

Ratusan orang yang berada di sekitar garis finish lomba maraton tersebut pun menjadi korbannya. Tak hanya satu, tiga bom berhasil meledak dalam waktu yang berdekatan. Sementara dua lainnya berhasil dijinakkan oleh petugas. ledakan ketiga terjadi di Perpustakaan Kepresidenan John F Kennedy.

Bom Boston
Petugas medis menangani warga yang terluka di dekat garis finis Maraton Boston, 15 April 2013

“Pihak berwenang percaya (ledakan ketiga ini) terkait (dengan dua ledakan sebelumnya),” kata Komisaris Polisi Boston, Ed Davis.

Dua ledakan di garis finish tersebut menewaskan tiga orang dan melukai sedikitnya 138 orang, demikian laporan media dan pejabat setempat. Korban terakhir adalah anak lelaki yang berusia delapan tahun yang menurut The Boston Globe bernama Martin Richard. Sedikitnya 17 orang berada dalam kondisi kritis dan 10 orang harus diamputasi.

Menurut Kompas.com, kedua ledakan itu terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat (Selasa, 02.00 WIB) dan meledak dalam selisih waktu beberapa detik di dekat garis finis Boston Marathon.

Korban cedera hampir sebagian besar adalah penonton yang ada di lokasi. Presiden Amerika, Barrack Obama pun angkat bicara menanggapi aksi teror ini.

bom Boston
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, langsung menelepon Direktur FBI Robert Mueller, begitu mendengar kabar serangan di Boston, Senin (15/4/2013) petang. AFP PHOTO/White House/Pete Souza/HO

“Kami belum tahu siapa pelaku dan mengapa ini dilakukan. Tapi kami akan mencari tahu siapa pelakunya, meminta pertanggungjawabannya, dan kenapa ini dilakukan,” tegas Obama.

Iapun meminta semua pihak tidak langsung menuduh namun tetap menjalankan penyelidikan hingga tertangkapnya pelaku yang bertanggung jawab atas pengeboman ini. Dia juga mengatakan telah menghubungi Direktur FBI, pimpinan Keamanan Dalam Negeri, Gubernur Massachusetts, Wali Kota Boston, dan kepolisian Boston untuk menangani insiden ini secepat dan seprofesional mungkin.

Saat ini kondisi keamanan di Amerika ditingkatkan. Beberapa kota di Amerika Serikat juga dilaporkan telah meningkatkan kewaspadaan. Penyisiran keamanan juga sudah dilakukan di Gedung Putih begitu kabar ledakan di Boston ini.

Pendapat Anda