INKA

Lokomotif CC 300 Tahan Banjir Buatan PT INKA

,

Masalah banjir kerap kali menjadi hambatan bagi sektor transportasi publik, terutama kereta api. Sulitnya medan akibat lintasan rel yang digenangi air membuat kereta api susah melaju.

Untunglah, mulai bulan depan masalah banjir bisa diatasi dengan lokomotif CC 300 yang tahan banjir, produksi PT Industri Kereta Api (INKA).

INKA2 Lokomotif CC 300 Tahan Banjir Buatan PT INKA

Proyek pembuatan lokomotif ini cukup membanggakan karena diproduksi sepenuhnya oleh dalam negeri melalui kerjasama antara PT INKA dan Kementrian Perhubungan.

Dengan anggaran sebesar hampir 30 miliar rupiah dari pemerintah, PT INKA menjanjikan bahwa lokomotif ini sanggup melaju di atas genangan 1 meter air.

INKA3 Lokomotif CC 300 Tahan Banjir Buatan PT INKA

Agus Purnomo, direktur utama INKA, menjelaskan bahwa kemampuan lokomotif ini didukung oleh diesel hidrolik yang menyatu dalam sistem listrik. Selama 3 tahun, PT INKA telah mengembangkan 3 unit lokomotif tahan banjir tersebut. Kini, 1 unit telah siap sementara sisanya masih dalam proses finishing.

INKA4 Lokomotif CC 300 Tahan Banjir Buatan PT INKA

Kabarnya, produk anak negeri ini juga siap ditawarkan ke pasar internasional. Menilik dari kekuatan 2200 tenaga kuda, lokomotif CC 300 layak memang layak untuk digunakan oleh negara dengan potensi banjir yang tinggi.

Komentar

Berita Terbaru