belalang-metamorfosis-1

Momen Menakjubkan Dari Metamorfosis Belalang

,

Dalam sebuah fenomena langka dan menakjubkan di alam ini, seekor belalang telah tertangkap kamera ketika melepaskan kulit tuanya, dan meninggalkan sebuah replika yang sempurna dari bentuk tubuhnya.

Belalang hijau itu dengan hati-hati disertai tekad bulat telah berhasil membuang kulit luarnya keras dalam waktu selama 40 menit, semua kejadian itu terjadi pada sehelai rumput.

Fotografer Adhi Prayoga yang berusia 41 tahun, menyaksikan dan sekaligus mengabadikan dengan kamera kejadian metamorfosis belalang itu di halaman belakang rumahnya di Mataram, Indonesia

belalang metamorfosis 2 Momen Menakjubkan Dari Metamorfosis Belalang
Serangga ahli berburu cangkang belalang sementara dia berlantungan di sehelai rumput

belalang metamorfosis 1 Momen Menakjubkan Dari Metamorfosis Belalang

Adhi yang berkerja sebagai salesman itu berkata:

“Saya mengamati belalang saat dia mulai memutar kepala ke arah bawah dalam keadaan menempel pada rumput setinggi 30 cm. Belalang dengan hati-hati memindah tubuhnya untuk melepaskan kulit tua dan saya kagum saat dia berhasil lepas dari kulit tuanya secara utuh.”

belalang metamorfosis 3 Momen Menakjubkan Dari Metamorfosis Belalang
Dengan hati-hati, namun dengan tekad dan ketangkasan, akhirnya belalang mampu menyelesaikan proses terakhir metamorfosis

Tidak sampai disitu fenomena alam langka ini dilanjutkan dengan semut yang tertarik dalam proses metamorfosis ini, dan dia mulai berjalan menyusuri rumput tersebut.

Adhi mengatakan bahwa :

“Saya terkesan oleh serangga yang memiliki kemampuan untuk berjalan naik dan turun dengan cekatan pada sehelai rumput, dan semut itu kuat memegang casing belalang yang kemudian dia jatuhkan ke tanah.”

belalang metamorfosis 4 Momen Menakjubkan Dari Metamorfosis Belalang
Fotografer Adhi Prayoga dari Indonesia, mengabadikan momen metamorfosis belalang di halaman belakang rumahnya

Ini adalah salah satu tahap metamorfosis yang akan terjadi pada kebanyakan belalang yang sudah dewasa. Telur akan menetas menjadi nimfa yang terlihat seperti ulat kecil tanpa sayap dan organ reproduksi.

belalang metamorfosis 5 Momen Menakjubkan Dari Metamorfosis Belalang
Setelah proses 40 menit belalang berhasil lepas dari cangkang tuanya, dan semut mengambil cangkang tersebut

Nimfa berganti kulit berkali-kali saat mereka tumbuh menjadi ulat dewasa. Ada sekitar 10.000 spesies yang berbeda dari belalang, dan yang terbesar tumbuh sekitar 11,5 cm.

Komentar

Berita Terbaru