• Trending

  • ilu1

    Penyerangan Lapas Cebongan Jogja, 4 Orang Dieksekusi di Dalam Sel

    NasionalCebonganKopassusYogyakarta

    Empat orang tahanan mati secara mengenaskan setelah dikeroyok orang tak dikenal di dalam sel di Lapas Cebongan, Sleman, Jogja. Diduga pengeroyok adalah oknum militer dari perawakan dan posturnya.

     “Mereka dikeroyok ketika masih dalam sel,” ujar Kapolres Sleman AKBP Hery Sutrisman, Sabtu (23/3/2013) pagi seperti yang dilansir Harianjogja.com.

    Menurut informasi yang kami tampung, saat kejadian, di dalam sel tersebut, ada 35 orang. Mereka hanya bisa melihat sementara 4 rekan satu selnya dipukuli dan ditembak oleh 17 orang. Hery pun menambahkan bahwa pelaku pemukulan belum ada pelaku yang ditangkap dan pihaknya masih melakukan perburuan pelaku.

    Menurut beberapa saksi, 17 orang tersebut masuk dengan meloncati pagar dan menerobos ke dalam sel untuk menghakimi 4 orang tahanan yang ditahan atas tuduhan pemukulan dan pembunuhan anggota Kopassus TNI sebelumnya. Kejadian pemukulan tersebut mengakibatkan 1 orang TNI anggota kopassus luka-luka dan 1 orang TNI tewas.

    ilu2 Penyerangan Lapas Cebongan Jogja, 4 Orang Dieksekusi di Dalam Sel

    Panglima Kodam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Hardiono Saroso membantah bahwa prajurit TNI terlibat penyerangan Lapas Cebongan. Menurutnya tidak mungkin TNI terlibat dalam penyerangan tersebut, karena hasil penelitian pihaknya tadi malam dengan jaminan dari komandan satuan mereka, semua mampu mengkondisikan semua prajuritnya.

    “Bukan dari prajurit TNI, tidak ada prajurit yang terlibat. Saya bertanggung jawab penuh sebagai Pangdam IV/Diponegoro,” katanya.

    Pangdam pun menambahkan bahwa pihaknya juga turut menyelidiki kejadian penyerangan Lapas Cebongan oleh orang tidak dikenal pada Sabtu dini hari tersebut.

    Baca juga:

    Tragedi Lapas Cebongan: Para Tahanan Dipaksa Bertepuk Tangan Seusai 4 Orang Dieksekusi

    Temuan Investigasi TNI AD Dalam Kasus Cebongan

    Diskusi