• Tag

  • Berita Pilihan

    planet-terjauh-matahari-fit

    Planet Terjauh Di Tata Surya Kita Adalah Planet Merah Kedua

    SainsMatahariplanet terjauhplanetoidtata surya

    Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari, dan planet tetangga terdekat kita adalah Mars yang berwarna merah, tetapi hanya sedikit dari kita yang tahu tentang objek besar merah lainnya yang mengorbit mengelilingi matahari pada jarak terjauh.

    Planet terjauh di tata surya kita adalah Sedna, dan astronom berharap bahwa objek merah terjauh dari matahari ini memberikan tanda-tanda dan hal-hal yang baru.

    Pusat tata surya adalah matahari. Sekitar delapan miliar mil dari matahari, para astronom melihat sebuah planetoid yang telah dijuluki Sedna.

    Planetoid adalah istilah lain untuk asteroid, yang juga disebut planet kecil. Planetoid adalah benda langit kecil yang mengorbit pada Matahari. Sedna memiliki diameter 800-1100 mil (1287,5 – 1770,3 km), atau kira-kira setengah ukuran bulan milik bumi.

    planet terjauh matahari Planet Terjauh Di Tata Surya Kita Adalah Planet Merah Kedua

    Planet kecil terjauh dari matahari, bila seseorang memandang matahari dari perspektif Sedna, maka matahari akan terlihat sangat kecil atau seukuran kepala peniti.

    Sedna berwarna merah seperti planet Mars, objek merah terjauh ini memiliki suatu komposisi yang menarik, dan para ilmuwan juga tertarik karena posisinya yang bisa memberitahu kita tentang Awan Oort dan sejarah kehidupan di Bumi.

    Awan Oort berada sekitar sepuluh kali lebih jauh daripada Sedna, dan kemungkinan Sedna berasal dari Awan Oort. Para astronom memprediksi bahwa Planet terjauh ini terbentuk pada miliaran tahun yang lalu ketika sebuah bintang mendekat dan menghantam matahari, hal itu membuat sebuah gravitasi kuat yang menarik beberapa material dari awan oort untuk menutup orbit.

    planet terjauh matahari 2 Planet Terjauh Di Tata Surya Kita Adalah Planet Merah Kedua

    Material yang tertarik gravitasi itu membentuk planetoid-lanetoid, salah satunya adalah Sedna. Planetoid-planetoid yang berukuran kecil terseret menuju matahari dan mengirim banyak komet meluncur ke arah Bumi. Hal itu membuat kehidupan di bumi menjadi kacau balau, ungkap astronom.

    Advertisement
    Berita Terkait
    Berita Terkait
    Diskusi