hati-merdeka

Film-Film Indonesia Bertemakan Pahlawan

,

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan. Ini ditujukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mengusir penjajah dari tanah air Indonesia.

Dalam dunia perfilman, cukup banyak film yang mengangkat tema pahlawan atau pun biografi mengenai sosok sang pahlawan. Film apa saja yang dapat kita tonton ulang di hari Pahlawan ini, mari kita simak:

1. Tjoetnya’ Dhien (1988)

Tjoet Nja Dhien Film Film Indonesia Bertemakan Pahlawan

Film ini menceritakan tentang kisah pejuang wanita asal Aceh, Tjoet Nya’ Dhien dan bagaimana dia dikhianati salah satu orang kepercayaannyayaitu Panglima Laot.

Film ini di buat tahun 1988 dan distudarai Eros Djarot dengan biaya yang cukup wah untuk ukuran Indonesia saat itu yaitu 1,5 Milyar rupiah. Film ini memenangkan piala Citra sebagai film terbaik.

DibintangiChristine Hakim sebagai Tjoet Nya’ Dhien, Piet Burnama sebagaipanglima Laot, Rudy Wowor sebagai Snouck Hurgronje dan Slamet Raharjo sebagai Teuku Umar.

Tjoet Nya’ Dhien merupakan film Indonesia pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes pada tahun 1989. Di Film ini Christine Hakim berhasil memperoleh penghargaan Piala Citra

Komentar

Berita Terbaru