Gambar Foto-Foto Ikan Raksasa Yang Hampir Punah

Foto-Foto Ikan Raksasa Yang Hampir Punah

,

Mungkin selama ini Anda hanya pernah melihat ikan yang berukuran normal, sedang dan besar. Namun, disini saya akan memperlihatkan Anda foto-foto ikan berukuran raksasa yang menakjubkan.

Bukan hanya itu, Saya juga akan memberikan wallpaper dari masing-masing foto yang dapat Anda jadikan sebagai pengindah dekstop Anda. Dapat Anda unduh (download) di link yang kami berikan dibawah.

1. Arapaima

Gambar Ikan Arapaima
arapaima berdampingan dengan seorang penyelam

INFO: Dikenal sebagai pirarucu di Brazil dan paiche di Peru, raksasa Amerika Selatan ini adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Beberapa ikan ini ada yang panjangnya lebih dari 3 meter dan berat melebihi 180 kilogram!

Perbandingannya:

arapaima dengan manusia

2. Chinese Paddlefish (Ikan bermoncong panjang)

Gambar Ikan Chinese Paddlefish (Ikan bermoncong panjang)
Chinese Paddlefish (belakang) yang diawetkan bersama ikan Chinese Sturgeon (depan)

INFO: Chinese Paddlefish dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut laporan seseorang, panjang ikan ini bisa mencapai 7 meter dan berat hingga setengah ton (450 kg)!

Perbandingannya:

Chinese Paddlefish dengan Bis

3. Chinese Sturgeons

Gambar Ikan Chinese Sturgeons
Chinese Sturgeon yang sedang berenang di Beijing City Aquarium di China

INFO: Chinese Sturgeons dapat tumbuh hingga proporsi yang sangat besar dengan panjang 5 meter dan berat 450 kilogram. Raksasa prasejarah ini tampak seperti hiu dengan sirip dada yang besar, moncong bulat, dan deretan tulang sepanjang tulang belakang dan panggul.

Perbandingannya:

Chinese Sturgeon dengan Bis

4. Giant Barb

Gambar Giant Barb
Giant Barb difoto bersama seorang bocah

INFO: Giant Barb merupakan ikan yang sering berenang ke kedalaman sungai dan juga sering bergerak secara musiman ke kanal atau sungai dataran banjir. Ikan yang masih muda sering terlihat di rawa-rawa atau sungai kecil. Berat mereka diketahui bisa mencapai 300 kg. Yang besarnya di atas 100 kg telah menjadi sangat langka dalam beberapa tahun terakhir.

Perbandingannya:

Giant Barb dengan Manusia

5. Pari Raksasa

Gambar Ikan Pari Raksasa
pari raksasa diatas terpal :D

INFO: Ikan Pari Raksasa merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di dunia yang diselimuti misteri. Tidak ada yang tahu berapa banyak dari mereka yang tersisa, habitat mana yang lebih mereka suka, dimana kebanyakan kerabat mereka tinggal, atau apakah mereka pernah berusaha untuk pergi ke laut. Ikan purba ini sedikit banyak berubah selama jutaan tahun, panjangnya bisa mencapai 5 meter dan berat hingga 600 kilogram. Bentuk mereka lebar dan rata, berwarna coklat ke-abu-abu-an, dan memiliki ekor yang panjang seperti cambuk.

Perbandingannya:

Pari raksasa dengan bis

6. Mekong Giant Catfish (Lele Mekong Raksasa)

Gambar Ikan Mekong Giant Catfish (Lele Mekong Raksasa)
Lele mekong raksasa sedang berada diatas perahu nelayan

INFO: Lele Mekong Raksasa adalah satu ikan terbesar di dunia, panjangnya dapat mencapai 3 meter dan beratnya hingga 300 kg. Spesies yang terancam punah ini sangat menderita karena penangkapan yang berlebihan, pembangunan bendungan, dan perusakan habitat.

Perbandingannya:

Lele mekong raksasa dengan manusia

Penutup

Sungguh memprihatinkan keadaan ikan-ikan raksasa tersebut yang kini sudah hampir punah dan masih kurang mendapatkan perhatian. Baguskah jika generasi selanjutnya tidak dapat menyaksikan keunikan ikan-ikan ini dan ikan lainnya yang tak kalah unik? Tentu saja tidak!

Gambar-gambar diatas adalah hak cipta masing-masing fotografer yang berkontribusi untuk NationalGeographic.com

Komentar