Universitas Ukraina Akan Buka Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Ukraina Akan Buka Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Keragaman budaya Indonesia telah menjadi primadona di mata Internasional, hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang asing yang berminat mempelajari, baik lewat literatur hingga datang langsung untuk mempelajari lebih dalam sekaligus mempraktekkannya. Salah satu budaya tersebut adalah bahasa.

Bahasa Indonesia menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat ke-26 di dunia. Bahkan di Vietnam, Bahasa Indonesia dijadikan bahsa resmi kedua sejak tahun 2007. Sedangkan di Australia, bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah Australia yang mengajarkan bahasa Indonesia.

Baru-baru ini, sebuah universitas di Ukraina berencana akan membuka Jurusan bahasa dan sastra Indonesia pada tahun ajaran baru 2012/2013. Dua program S1 tersebut akan diperkenalkan pada Institut Filologi Universitas Nasional Taras Shevchenko, Ukraina.

Peresmian pembukaan jurusan baru tersebut telah dilakukan sebelumnya di Aula Gedung Utama Universitas Nasional Kyiv Taras Shevchenko, 3 September lalu.

Taras Shevchenko National University of Kyiv

Kedua jurusan baru tersebut telah mengundang minat dan perhatian yang besar di kalangan para calon mahasiswa baru. Berdasarkan data pendaftaran yang ada, sudah 90 orang calon mahasiswa yang melamar dari seluruh Ukraina. Namun, pihak universitas akan menyaringnya hingga 10 orang sesuai daya tampung yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Ukraina.

Pendapat Anda