Kuil Thailand Terbuat Dari Jutaan Botol Bir

Kuil Thailand Terbuat Dari Jutaan Botol Bir

Susunan batu serta kayu berukuran besar biasanya digunakan untuk membangun sebuah tempat peribadatan. Kombinasi susunan batu dan kayu tersebut dimaksudkan agar bangunan bisa berdiri kokoh dengan rentang waktu yang lama. Maka tak heran, banyak rumah peribadatan mampu bertahan selama ratusan tahun.

Di Thailand, ada sebuah kuil unik yang terbuat dari susunan botol bir. Kuil bernama Wat Lan Kuad ini terletak di Provinsi Sisaket, Thailand. Keseluruhan bangunan baik interior maupun eksterior benar-benar terangkai dari botol. Mulai dari ruang ibadah, dinding, menara air, tempat tidur, hingga toilet.

Jika dihitung ada sekitar 1,5 juta botol memenuhi kuil ini. Karena banyaknya botol bir, kuil ini disebut juga sebagai kuil jutaan botol. Botol-botol tersebut dikumpulkan sejak tahun 1984 oleh sekelompok biksu yang memang berniat membuat bangunan dari botol bir yang telah dibersihkan. Jutaan tutup botol pun digunakan untuk membuat bermacam dekorasi.

Kini, Wat Lan Kuad dikunjungi tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat wisata yang menarik. Banyak pelancong yang datang hanya untuk melihat secara langsung.

Bagaimana bentuk bangunannya? Lihat foto-foto dibawah ini.

Pendapat Anda