• Tag

  • Berita Pilihan

    1

    Gambar Desain Baru Bandara Soekarno-Hatta

    Desainbandaradesain barusoekarno hatta

    Cerita negatif tentang bandara yang terletak di Cengkareng, Tangerang, Banten dan beroperasi sejak 27 tahun ini kedepannya mungkin tak akan lagi ada. Kesemrawutan di terminal domestik dan internasional, susahnya mencari lahan parkir, perokok sembarangan serta kesemrawutan lainnya hanya sekedar cerita lalu. Harapan warga Indonesia memiliki bandara berkelas internasional, pun sepertinya tidak lama lagi.

    Mei lalu, PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara telah mengajukan desain baru rencana induk Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Gayung bersambut, pemerintah melalui Wakil Presiden Boediono telah menyetujui rencana pembangunan tersebut.

    Dikutip dari antaranews.com , ada 5 agenda besar yang ditekankan Wapres dalam merevitalisasi Bandara Soekarno-Hatta, yaitu :

    1. Meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat tanpa membangun landasan baru, namun dengan melakukan optimalisasi landasan pacu 1 dan 2 yang ada.
    2. Pengembangan Terminal 3 dan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2 untuk menambah kapasitas pergerakan penumpang.
    3. Pembangunan terminal kargo baru (Cargo Village).
    4. Pengembangan fasilitas penunjang (aksesibilitas dan fasilitas lain)
    5. Pembangunan integrated building (bangunan penghubung) antara T1 dan T2 yang berkonsep ”one stop service”.

    Pergerakan pesawat di Soekarno-Hatta saat ini 52 pergerakan per jam. Dengan mengoptimalisasi runway yang ada, kapasitasnya bisa ditingkatkan menjadi 62 pergerakan per jam. Optimalisasi landasan pacu tersebut dilakukan agar target kapasitas 62 juta penumpang per tahun dapat tercapai pada 2014 tanpa membangun landasan pacu yang baru.

    Membangun landasan pacu ketiga berikut terminal keempat yang dialokasikan di sisi utara bandara memang menjadi solusi lain yang ditawarkan guna meningkatkan kapasitas Soekarno-Hatta. Karena dengan adanya runway ketiga, volume pergerakan pesawat bisa didongkrak hingga 234 pergerakan per jam. Akan tetapi, keputusan untuk membangun runway ketiga tersebut sangat bergantung pada proses pembebasan lahan.

    Pembangunan ini membutuhkan seluas 830 hektar lahan baru untuk membangun runway ketiga. Jika proses pembebasannya dapat diselesaikan pada 2013, runway baru bisa segera dibangun. Tetapi jika 2013 belum beres, maka pilihannya adalah harus membangun bandara baru. Karena Soekarno-Hatta sudah tidak bisa lagi dikembangkan, sementara pertumbuhan penumpang akan terus meningkat.

    26 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    35 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    45 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    55 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    65 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    75 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    85 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    94 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    102 Gambar Desain Baru Bandara Soekarno Hatta

    Advertisement
    Berita Terkait
    Berita Terkait
    Diskusi