Sultan-Ahmed-Mosque-Istanbul-Turkey

10 Masjid Paling Indah di Muka Bumi

,

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Tak hanya sebagai tempat ibadah, kadang mesjid juga sebagai tujuan wisata di beberapa negara. Keindahan serta kemegahan menjadi salah satu daya tarik bagi sebuah masjid. Namun bila di kembalikan ke fungsinya, kemegahan dan keindahan suatu mesjid  tak dapat dijadikan ukuran ideal untuk sebuah masjid.

Berikut 10 mesjid terindah yang ada di Muka Bumi.

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia


Masjid yang terletak di tanah air Indonesia ini dulunya merupakan masjid kesultananan Aceh. Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Dilihat dari sejarah, Masjid Raya Baiturrahman ini mempunyai nilai yang tinggi bagi rakyat Aceh, karena sejak Sultan Iskandar Muda sampai sekarang masih berdiri megah di tengah jantung kota Banda Aceh. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah dan kegiatan keagamaan, Masjid ini juga menjadi salah satu objek wisata di Aceh.

2. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan


Masjid Faisal terletak di bagian Utara kota Islamabad serta merupakan masjid yang paling besar di Pakistan bahkan se-Asia Selatan. Dengan bentuk yang unik, membuat masjid ini masuk ke dalam masjid terindah di Dunia. Masjid ini berbentuk layaknya sebuah tenda dengan bentuk kubah yang tak sama dibandingkan masjid lain pada umumnya. Keindahan masjid ini pernah di singgung dalam novel karya Khaled Hosseini yang berjudul The Kite Runner.

3. Masjid Taj-UI, India


Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultan Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Pembangunan masjid ini sempat terhenti karena beralasan dana, Hingga 1971 masjid baru mulai dibangun kembali. Masjid Taj-UI  berarti “mahkota para masjid”.

4. Great Mosque Of Xi’an, provinsi Shaanxi, Cina


Masjid ini terletak di dekat Drum Tower, Provinsi Shannxi, Cina. Desain masjid ini sangat kontras. Tak seperti masjid lainnya yang terdiri dari kubah-kubah, masjid ini malah sedikit mirip sebuah kui di Cina. Masjid ini juga termasuk masjid tertua di Dunia yang sudah ada sejak tahun 742.

5. Masjid Badshashi, Lahore, Pakistan


Bila Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di pakistan, maka urutan ke-duanya dipegang oleh Masjid Badshashi. Keagungan era mugal membuat bangunan ini masuk menjadi Masjid terindah di Dunia.

6. Masjid Jamek, Kuala Lumpur, Malaysia


Dibangun pada tahun 1909, dan merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Terletak di pertemuan Sungai Klang dan Sungai Gombak yang merupakan tempat asal muasal kota Kuala Lumpur. Bangunan dari masjid ini terinspirasi dari seni bangunan Mogul, dari bagian Utara India.

7. Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki


Masjid Sultan Ahmad dibangun antara tahun 1609 dan 1616 M selama pemerintahan Sultan Ahmas 1. Masjid ini merupakan masjid Nasional Turki, dan merupakan masjid bersejarah di Istambul. Masjid ini lebih terkenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang menghiasi dinding dan interiornya.

8. Masjid An-Nabawi, Madinah, Arab Saudi


Masjid An-Nabawi sering disebut juga sebagai Masjid Nabi, salah satu alasannya adalah masjid ini merupakan temapat peristirahatan terakhir dari Nabi umat Islam Muhammad SAW. Selain disebut sebagai Masjid Nabi, Masjid ini juga  dianggap masjid paling suci kedua  bagi umat Islam.

Salah satu fitur yang paling terkenal dari situs ini adalah Kubah Hijau di tengah-tengah masjid, tempat makam Nabi Muhammad SAW berada. Bangunan asli dari masjid ini adalah bangunan yang terbuka. Masjid ini juga berfungsi sebagai tempat kegiatan masyarakat, pengadilan serta sebuah sekolah agama.

9. Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi


Merupakan masjid terbesar di Duniamencakup area seluas 400.800 meter persegi serta dapat menampung hingga 4 juta jamaah.Terletak di kota Mekah, masjid tersebut mengelilingi Ka’bah, tempat orang Muslim menghadap di waktu shalat sehari-hari dan dianggap sebagai tempat tersuci di bumi oleh umat Islam. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung.

10.  Masjid Muhammad Ali Pasha, Kairo


Mesjid Muhammad Ali Pasha atau dikenal dengan nama Mesjid Alabaster merupakan sebuah masjid yang terletak di dalam Benteng Kairo di Mesir. Sesuai namanya, Masjid ini di bangun atas perintah Muhammad Ali Pasha antara tahun 1830 dan 1848.

Terletak di puncak benteng, masjid Utsmani ini, dengan siluet animasi dan dua menara kembar, merupakan masjid yang paling terlihat di Kairo. Masjid ini dibangun untuk mengenang Tusun Pasha, putra tertua Muhammad Ali, yang meninggal pada 1816. Bersama dengan benteng, masjid ini juga dijadikan salah satu landmark dan tujuan wisata di Kairo dan merupakan salah satu fitur pertama yang akan terlihat ketika mendekati kota dari sisi mana pun.

Baca juga:

15 Masjid Terbesar Di Dunia

Sejarah Masjid Istiqlal Jakarta

Komentar

Berita Terbaru