Temuan Kerangka Di Biara Italia Diduga Milik Mona Lisa

Temuan Kerangka Di Biara Italia Diduga Milik Mona Lisa

Siapa tak kenal Mona Lisa? Sosok wanita yang terpampang pada karya lukisan termahsyur dari pelukis Italia Leonardo Da Vinci. Dibuat pada abad 16, Mona Lisa dalam bahasa Italia berarti Nyonya Lisa, merujuk pada buku biografi tentang Da Vinci yang ditulis Giorgio Vasari, terbit 31 tahun kemudian setelah kematian Da Vinci di tahun 1519.

Dalam buku itu disebutkan bahwa Mona Lisa yang bernama lengkap Lisa Gherardini adalah istri seorang pengusaha asal Firenze (Florence), Italia, bernama Francesco del Giocondo. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi.

Para arkeolog yang sedang melakukan penggalian di lantai sebuah biara St. Ursula, Florence, Italia, telah menemukan kerangka yang mereka percayai sebagai kerangka milik Lisa Gherardini. Kebanyakan sejarawan modern setuju bahwa Mona Lisa tak lain adalah Lisa Gherardini yang menjadi biarawati setelah kematian suaminya. Lisa meninggal di biara pada tanggal 15 Juli 1542 pada usia 63 tahun.

Penggalian telah dilakukan sejak setahun lalu, menggali lapisan beton tebal sebelum akhirnya menemukan kerangka yang terpendam sedalam 5 kaki.

Dikutip dari situs dailymail.co.uk , Silvano Vincenti, arkeolog yang terlibat dalam penggalian menjelaskan,

Kami belum bisa memastikan apakah ini rangkaian kerangka tunggal atau serpihan dari kerangka lain. Namun temuan ini memperkuat hipotesis kami bahwa di biara St.Ursula terkubur beberapa tulang manusia dan tak terkecuali diantara mereka adalah kerangka milik Lisa Gherardini.

Lukisan Mona Lisa mulai dibuat Da Vinci antara tahun 1503 dan ia selesaikan tak lama sebelum kematiannya di tahun 1519.

Sumber : dailymail.co.uk

Pendapat Anda