0

Penemuan Peradaban Kuno Di Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

,

Situs purbakala Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kembali menjadi sorotan.

Situs ini pertamakali ditemukan pada tahun 1914, namun selama beberapa dekade dibiarkan terbengkalai hingga mengalami berbagai kerusakan, baik oleh alam maupun manusia.

112 Penemuan Peradaban Kuno Di Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

Barulah pada Minggu 24 Juni kemarin, kegiatan ekskavasi atau penggalian dilakukan, untuk mengetahui lebih lanjut dan mengakurasi awal mula pembangunan. Situs ini diyakini 10 kali lebih luas dari Candi Borobudur dan diperkirakan berusia 10.000 tahun sebelum masehi.

22 Penemuan Peradaban Kuno Di Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

32 Penemuan Peradaban Kuno Di Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

Seperti dikutip dari vivanews, Ketua Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang Dr. Dani Hilman Natawijaya mengatakan,

Semua literatur dan artefak yang terpublikasikan di seluruh dunia mengenai peradaban maksimal berumur 3000 tahun sebelum masehi. Uji karbon Gunung Padang sudah mematahkan itu. Usia maksimal Gunung Padang tercatat 10.000 tahun sebelum masehi

41 Penemuan Peradaban Kuno Di Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

Situs ini serupa dengan yang ditemukan di Desa Salebu, Kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Di situs yang juga mempunyai sebutan Gunung Padang terdapat struktur balok-balok batu segi empat, segi lima dan segi enam dengan panjang rata-rata sekitar tiga sampai empat meter.

Tersusun sampai ketinggian 30 meter, lebar 15 meter dan panjang 20 meter. Sama seperti yang ditemukan di Cianjur.

52 Penemuan Peradaban Kuno Di Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

Berbagai langkah dan metode terus dilakukan oleh para arkeolog untuk menyingkap misteri situs Gunung Padang, juga untuk membuktikan bahwa Indonesia pernah menjadi pusat peradaban maju sebelum akhirnya punah karena sebab yang hingga kini belum diketahui.

Komentar

Berita Terbaru