500x335-shutterstock_87599638

Anak Susah Tidur Malam? Ini Dia Cara Mengatasinya

,

Beberapa orang tua sering sekali mengeluh dengan anaknya yang susah tidur dimalam hari. Bahkan tak jarang orang tua juga harus ikut bergadang demi menemani anaknya bermain.

Hal ini tentu saja menjadi masalah bagi kebanyakan orang tua apalagi bagi mereka yang mempunyai kegiatan dikeesokan harinya. Jika hal ini terjadi pada Anda, tak ada salahnya mencoba cara-cara di bawah ini:

1. Atur Pola Tidur Anak

Susah tidur malam yang dialami oleh anak bisa saja terjadi karena faktor kebiasaan. Membiarkan anak Anda selama ini tidur terlalu malam dengan menemani dia bermain adalah sama dengan membiasakannya untuk tidur larut.

Hal ini lah yang sebaiknya Anda ubah dengan mengatur pola dan jadwal tidurnya. Hal yang mungkin dapat Anda lakukan adalah tidak membiarkan anak Anda tidur siang terlalu lama.

Tidur siang memang baik untuk buah hati Anda, Tapi jika Anda membiarkannya tidur terlalu lama di siang hari, sama halnya dengan membiarkannya untuk tidur larut di malam hari. Di sarankan untuk membiarkan anak tidur cukup hanya 2 jam saja di siang hari.

Setiap anak membutuhkan yang namanya tidur siang guna memberikan energi padanya. Anak yang tak terbiasa dengan tidur siang, biasanya cenderung mengantuk disore hari sehingga memutuskan tidur disore hari dan bangun di malam hari.

Ketika mereka terbangun, tak jarang mereka tak dapat tidur kembali. Untuk itu, Anda sebagai orang tua juga harus memberikan waktu tidur siang untuk sang buah hati dan jangan membiarkannya tidur disore hari.

2. Bermain di Pagi Hari

Bermain merupakan hala yang paling disenangi oleh anak-anak. Untuk itu ajak atau berilah anak Anda mainan yang disuakainya. Tapi tunggu dulu! mengajak Anak bermain juga punya waktunya.

Ada baiknya Anda sebagai orang tua Membiarkan anak aktif bermain saat pagi hari baik di rumah atau di luar rumah bersama teman-temannya. Hal ini di sebabkan ketika bermain, tanpa sadar sang anak menghabiskan energinya.

Anak yang aktif bermain di pagi hari, biasanya telah lelah ketika malam tiba, hal inilah yang membuat anak memilih untuk segera tidur.

3. Pastikan Perut Tidak Kosong

Ketika perut seseorang kosong, pasti orang tersebut akan gelisah. Hal ini jugalah yang dapat menjadi faktor anak anda susah tidur dimalam hari.

Untuk itu, selalu pastikan anak Anda sudah makam malam. Ketika perut anak Kenyang biasanya mereka juga menjadi lebih mudah tertidur.

4. Lingkungan Tidur yang Nyaman

Coba perhatiakan kodisi tempat tidur dan keadaan lingkunga sekitar tempat diamana anak Anda tidur. Sudah bersihkah? sudah nyamankah? Anak tak mungkin bisa tidur jika dia mendengar suara berisik diluar kamarnya.

Mereka juga takan bisa tidur jika ruangan kamarnya ada bau yang tak sedap. Untuk itu, anda sebagai orang tua tak ada salahnya bebenah di sore hari.

Selain itu, pastikan letak kamar anak tak bersebelahan dengan ruang tv atau ruangan kakaknya yang sering memasang radio.

Komentar

Berita Terbaru