• Trending

  • jaladara1

    Naik Kereta Api Uap Kuno di Solo Yuk?!

    NasionalKereta Api uap KunoSepur Kluthuk JaladarasoloWisata Kereta

    Kereta sudah jadi sarana transportasi rakyat Indonesia sejak dulu. Seiring perkembangan teknologi, kereta pun terus bermetamorfosa. Sedari masa di mana Belanda masih bercokol di Indonesia hingga hari ini. Kereta uap tempo dulu sudah sangat jarang ditemukan. Berganti dengan kereta-kereta listrik yang berseliweran di jalur-jalur kereta api.

    Keberadaannya yang sudah sangat jarang justru menjadikan kereta uap unik. Kesan kuno dan suasana nostalgia yang dibangkitkannya mampu menjadi magnet tersendiri. Adalah Sepur Kluthuk Jaladara, sebuah kereta uap kuno di Solo yang menjadi contohnya. Sepur Kluthuk Jaladara merupakan rangkaian kereta api tua yang masih beroperasi sebagai kereta wisata di kota Solo.

    jaladara2 Naik Kereta Api Uap Kuno di Solo Yuk?!

    Sebelumnya, kereta uap kuno ini adalah penghuni Museum Ambarawa. Kemudian, atas inisiatif Joko Widodo selaku walikota Solo, kereta uap Jaladara didatangkan ke Solo. Terwujudnya kereta tua ini menjadi kereta wisata tentu juga melibatkan pihak Perum Kereta Api.

    jaladara4 Naik Kereta Api Uap Kuno di Solo Yuk?!

    Sepur Kluthuk Jaladara adalah lokomotif C1218, yaitu lokomotif jenis C12. Lokomotif jenis C12 berukuran kecil dan dirancang untuk tujuan perjalanan jarak pendek. Perjalanan dengan kereta api uap kuno ini bertolak dari Stasiun Purwosari hingga ke Stasiun Kota Solo. Trip dengan kereta uap Jaladara akan membawa penumpang melihat daya tarik kota Solo baik berupa pusat-pusat wisata belanja maupun pusat-pusat wisata sejarah. Dalam satu paket wisata kereta kuno ini, penumpang juga akan disuguhi makanan dan jamu tradisional, serta pertunjukan musik tradisional dan hiburan lain selama perjalanan.

    jaladara3 Naik Kereta Api Uap Kuno di Solo Yuk?!

    Peminat wisata Sepur Kluthuk Jaladara cukup banyak dan terus meningkat. Umumnya, penumpang kereta wisata ini berasal dari kalangan menengah ke atas. Tidak hanya pengusaha-pengusaha yang berbisnis di Solo, wisatawan asing pun tertarik menjajal kereta api uap Jaladara.

    Tarif yang dikenakan bagi penumpang wisata kereta adalah sekitar 150 ribu hingga 200 ribu rupiah per orang untuk sekali jalan. Ada juga paket wisata kolektif dengan kapasitas 70 penumpang seharga Rp 3,2 juta. Kalau penasaran dengan Sepur Kluthuk Jaladara, datang saja ke Solo.

    Diskusi