permata

Berburu Kilau Permata di Balikpapan

,

Pecinta perhiasan batu mulia pasti tidak akan menyia-nyiakan kesempatan berburu permata jika ke Balikpapan. Kota Balikpapan memang terkenal dengan kilau permatanya. Batu mulia memang jadi salah satu potensi kota ini. Tujuan yang sayang untuk dilewatkan jika ingin berburu permata di Balikpapan adalah Pasar Inpres Kebun Sayur. Jangan terkecoh dengan namanya ya. Di pasar ini, yang kita cari tentu saja permata, bukan sayuran.

Pasar Inpres Kebun Sayur cukup terkenal sebagai destinasi berburu kilau permata di Kota Balikpapan. Letaknya cukup strategis, sehingga mudah dijangkau. Kalau dari Bandara Sepinggan, cuma perlu waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Pasar Inpres Kebun Sayur. Di sini,banyak dijual batu mulia dan juga perhiasan. Perhiasan yang berbahan batu dan manik tersedia dalam beragam bentuk dengan harga mulai dari lima belas ribu hingga jutaan rupiah. Gelang, kalung, cincin, bros, dan perhiasan lainnya ada di sini.

kebunsayur041 478x270 Berburu Kilau Permata di Balikpapan

Perhiasan batu yang berharga murah biasanya berbahan imitasi. Kalau perhiasan tersebut berbahan batu mulia seperti permata safir, merah delima dan kecubung, umumnya berharga jutaan. Untuk perhiasan batu permata asli, biasanya ditempatkan dalam kotak khusus dan dipajang di etalase. Jenis batumulia yang bisa Anda temui di Pasar Inpres Kebun Sayur bermacam-macam, mulai dari batu akik, delima, kecubung, safir, akuamarin, zamrud, bahkan berlian pun bisa Anda temukan.

kebunsayur Berburu Kilau Permata di Balikpapan

Harga tergantung pada kualitas batunya. Batu mulia berkualitas baik akan terlihat bening dan indah kilaunya. Sedangkan batu yang berkualitas rendah terlihat banyak serat. Batu permata asli lebih berat timbangannya dibanding yang imitasi, dan akan terasa dingin ketika ditempelkan ke pipi. Keaslian batu permata juga bisa dilihat menggunakan kaca pembesar dan alat tes berlian yang tersedia di penjual.

Di pasar ini, kegiatan tawar menawar harga perhiasan adalah biasa. Jadi jangan segan-segan menawar. Tapi memang penurunan harga tidak terlalu jauh dari harga awal yang ditawarkan, yaitu sekitar lima ribu rupiah untuk kisaran harga seratus ribu rupiah.

Hadir dengan berbagai warna dan corak, perhiasan batu mulia di pasar ini membuat para pengunjung betah berlama-lama. Selain perhiasan, Anda juga bisa menemukan souvenir-souvenir khas suku Dayak dan batik Kalimantan Timur. Kalau ke Balikpapan, jangan lupa mampir ke pasar yang satu ini.

Komentar

Berita Terbaru