Kode-Plastik

Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

,

Benda berbahan plastik sekarang ini menjadi suatu hal yang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Setiap mata memandang, tatapan hampir tak pernah bisa lepas dari plastik.

Tempat sampah di rumah kita pun pasti dipenuhi dengan sampah plastik. Dari bungkus makanan ringan hingga botol air mineral, benda-benda berbahan plastik itu tak terpisahkan dari kegiatan kita sehari-hari.

Namun, tahukah anda kalau plastik itu memiliki kode-kode tertentu?

Tidak semua plastik aman untuk digunakan oleh manusia. Ada plastik yang memiliki kandungan berbahaya sehingga sama sekali tak boleh digunakan sebagai wadah makanan ataupun minuman, ada plastis yang hanya boleh sekali dipakai, ada pula jenis plastik yang boleh dipakai berulang kali.

Berikut adalah kode jenis plastik yang umum digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman. Jenis plastik ini sudah diakui oleh lembaga internasional seperti International Organization for Standardization (ISO) yang menetapkan standarisasi setiap produk yang dijual di pasaran di seluruh dunia:

1. Polietilen Tereftalat (PET)

PET Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Sifat plastik ini kuat dan kedap air serta gas. Plastik ini bisa melunak pada suhu 80 derajat Celcius. Plastik berwarna jernih ini digunakan sebagai kemasan minuman, selai, minyak goreng, sambal dan kecap serta penampan plastik dalam kemasan biskuit. Plastik jenis ini sebaiknya hanya dipakai sekali saja dan tidak boleh dipakai sebagai wadah air hangat/panas.

2. High Density Polyethylene (HDPE)

recycle resin logos lr 02 Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Plastik HDPE biasanya sifatnya keras, kurang begitu lentur. Plastik ini tahan lembab dan mampu menahan reaksi kimia. Kemasan plastik dengan kode HDPE biasanya dijumpai pada botol susu cair dan jus, plastik belanjaan, tutup plastik, galon air minum, dan beberapa jenis tupperware.Rekomendasi para ahli untuk plastik jenis ini adalah sekali pakai.

3. Polivinil klorida (PVC)

recycle plastic symbol 03 Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Sifat PVC keras dan kuat. Plastik jenis ini sukar didaur ulang. Plastik dengan kode PVC disarankan untuk tidak digunakan sebagai kemasan makanan/minuman karena zat yang terkandung di dalamnya (DEHA) bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

491px Resin identification code 4 LDPE.svg  Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Kemasan makanan yang lembek seperti bungkus cokelat merk tertentu menggunakan plastik jenis LDPE. Plastik ini sifatnya lentur dan kuat, tahan air dan mudah untuk didaur ulang. Jenis plastik ini baik untuk digunakan sebagai wadah makanan/minuman.

5. Polipropilen (PP)

recycle plastic symbol 05 Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Bahan plastik PP merupakan jenis terbaik yang bisa dimanfaatkan sebagai kemasan makanan/minuman. Plastik jenis PP lentur namun kuat, mampu mencegah reaksi kimiawi serta tahan minyak dan panas. Pastikan kamu menggunakan plastik dengan kode PP sebagai tempat makan atau minummu sehari-hari.

6. Polistiren (PS)

plastic recycling symbols 6 th Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Sebenarnya ada 2 kode untuk plastik jenis ini. Selain PS, ada pula EPS (Polistiren busa). Jenis PS sering digunakan untuk kemasan makanan beku serta bahan pembuat garpu dan sendok plastik. Sedangkan EPS digunakan untuk wadah makanan siap saji serta gelas kopi/teh/susu berbahan styrofoam.

7. Other (O)

no. 7 plastic symbol Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Other adalah jenis plastik selain keenam plastik yang telah disebutkan di atas. Ada 4 jenis plastik yang digolongkan ke dalam plastik jenis ini, antara lain Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC), dan Nylon.

Plastik jenis ABS dan SAN amat baik untuk digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman karena kedua jenis tersebut kuat dalam mencegah reaksi kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Jenis plastik PC amat berbahaya karena mengandung Bisphenol A yang dapat merusak sistem kromosom dan hormon, menurunkan kualitas sperma, dan mempengaruhi sistem kekebalan diri.

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) menyarankan agar kita menghindari penggunaan bahan plastik dengan kode 1,3,6, dan 7 (PC) sebisa mungkin. Kode plastik 2,4,5, dan 7 (SAN/ABS) lebih aman untuk digunakan sebagai wadah makanan/minuman.

Food 02 Mengenal Simbol Kode Jenis Plastik dan Bahayanya

Di kawasan Uni Eropadan Amerika Utara, benda berbahan plastik yang boleh digunakan selalu ada gambar gelas dan garpu atau keterangan tertulis “for food use” atau “for food contact”.

Komentar

Berita Terbaru