• Tag

  • Berita Pilihan

    freemasonry

    [Rumor] 10 Tokoh Freemason Terkenal Indonesia

    Nasionalfreemasonisutokoh freemason indonesia

    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

    Organisasi Freemason di Indonesia telah ada sejak 1762. Adalah Jacobus Cornelis Mattheus, seorang Belanda yang datang ke Nusantara bersama VOC untuk berdagang, yang mendirikan Lodge (pusat aktivitas para anggota Freemason) atau Loji di Batavia pada 1762.

    Waktu itu organisasi hanya menerima anggota dari negara Belanda saja. Setelah sempat dibekukan oleh Gubernur Jendral Daendels pada 1810, organisasi Freemason kembali hidup dan berkembang dengan menerima anggota dari pedagang Tiongkok dan warga pribumi terutama para ningrat Nusantara sehabis masa kepemimpinan Daendles berakhir.

    Siapa sajakah orang Indonesia terkemuka yang diisukan sebagai tokoh Freemason waktu itu? Dan tentu saja informasi ini hanya bersifat isu dan belum bisa dibuktikan kebenarannya. Berikut ini 10 tokoh yang diisukan menjadi anggota freemason;

    1. Raden Saleh

    210px RadenSaleh [Rumor] 10 Tokoh Freemason Terkenal Indonesia

    Raden Saleh yang merupakan pelukis Indonesia termasyhur di dunia tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang diisukan menjadi anggota Freemasonry. Kabar yang beredar mengatakan ia resmi menjadi anggota Freemasonry ketika berada di Den Haag pada 1836.

    Advertisement
    Berita Terkait
    Berita Terkait
    Diskusi