• Trending

  • Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry

    Nasionalfreemasonkesatria templarsejarah freemasonry

    Ingat kisah The Da Vinci Code karya Dan Brown itu? Kalau sudah pernah menyimak kisah yang menarik itu, tentunya Anda tidak asing dengan istilah Freemason/ Freemasonry dan Kesatria Templar bukan? Dalam bukunya yang sudah difilmkan tersebut Dan Brown mengaitkan kisahnya dengan sejarah Freemasonry. Sebenarnya, apa dan bagaimana Freemasonry ini? Bagi penganut teori Konspirasi, Freemasonry adalah sebuah pergerakan bawah tanah yang secara diam-diam mengendalikan pemerintahan-pemerintahan dunia, sistem keuangan dan bahkan arus informasi. Tujuan utama mereka adalah menciptakan sebuah tatanan dunia baru yang dikendalikan sepenuhnya oleh para mason. Lebih jauh, seperti apa sebenarnya perjalanan Freemasonry ini? Dan sejauh apa keterkaitannya dengan Kesatria Templar?

     

    freemason1 Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry
    Simbol Freemasonry

     

    Para ahli sejarah beranggapan bahwa cikal bakal Freemasonry bermula dari Perang Salib. Meskipun baru terbentuk secara resmi pada tahun 1717 di Inggris, sebenarnya Freemasonry berakar jauh hingga ke  peristiwa Perang Salib. Pada kisah perang salib yang umum dikenal terdapat suatu ordo tentara salib yang dinamakan Ksatria Templar. Ordo ini didirikan oleh dua kesatria Prancis, yaitu Hugh de Payens dan Godfrey de St. Omer, 28 tahun setelah tentara salib menduduki Yerusalem. Awalnya  dari 9 anggota, namun ordo ini selanjutnya terus berkembang. Pada masa King Baldwin I menjabat sebagai  Raja Yerusalem, ada 9 ksatria salib yang datang dengan maksud mengamankan peziarah Kristen yang menuju Yerusalem dari pelabuhan di Jaffa. King Baldwin I percaya pada 9 ksatria ini, dan memberi mereka markas di sayap kiri istana. Ternyata markas 9 ksatria ini terletak tepat di atas kuil sulaiman (Solomon Temple). Inilah asal dari nama Kesatria Templar. Dari kamar-kamar itulah semua menjadi jelas bahwa motif ksatria templar tersebut adalah untuk memburu harta karun di kuil sulaiman dan juga untuk bisa terus menjaga sebuah rahasia yang selama berabad-abad terus dijaganya.

    al aqsa mosque Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry
    Masjid Al-Aqsa, Solomon Temple Dipercaya Dulu Terletak di Tanah Tempat Masjid Ini Berdiri

     

    Ordo Templar menamakan diri mereka sebagai Order of the Poor Knights of Christ and of the Temple of Solomon, yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Ordo Ksatria Miskin Pembela Kristus dan Kuil Sulaiman. Meski menyebut dirinya sebagai “tentara miskin”, dalam waktu singkat Kesatria Templar menjadi sangat makmur. Mereka memiliki kontrol penuh bagi para peziarah Kristen dari Eropa ke Yerusalem. Uang dari para peziarah serupa tambang emas bagi mereka. Ordo Templar inilah yang pertama kali menyelenggarakan sistem kredit dan cek, seperti yang ada pada sistem bank. Penulis Inggris, Michael Baigent dan Richard Leigh mengatakan bahwa para Kesatria Templar membangun semacam sistem kapitalis abad pertengahan, dan pada kelanjutannya mengembangkan sistem perbankan modern dengan ciri transaksi berbasis bunga.

    Tahun 1187, pada pertempuran yang dikenal dengan Pertempuran Hattin, Shalahuddin Al Ayyubi berhasil menduduki lagi Yerusalem. Setelah kekalahan ini sebagian besar tentara salib kembali ke Eropa, dan demikian pula dengan para Ksatria Templar. Dari sinilah dimulai penyebaran para Ksatria Templar ke seluruh Eropa dan dunia. Tempat pertama bagi Kesatria Templar untuk menancapkan kukunya adalah Perancis. Mereka mulai menanamkan pengaruhnya di bidang pemerintahan maupun di lingkungan bisnis dan pemodal.

     

    masonicperancis Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry
    Sebuah Ilustrasi Dari Lodge Masonik Perancis Abad 18

     

    Kekuatan politik Ordo Templar ini menyusahkan raja-raja Eropa. Namun, ada sisi lain yang lebih mengganggu terutama bagi kalangan kependetaan. Ordo Templar perlahan-lahan menyeleweng dari iman Kristen. Sewaktu masih di Yerusalem, mereka telah mengadopsi doktrin-doktrin mistik asing. Desas-desus yang beredar juga mengatakan mereka menyelenggarakan ritual-ritual aneh sebagai penjelmaan doktrin mereka.

    Akhirnya, Raja Prancis Philip le Bel memutuskan menangkap anggota-anggota Ordo Templar pada tahun 1307. Kebanyakan dari mereka tertangkap, namun ada sebagian yang berhasil lolos dan menutupi jejak. Menurut tesis yang berdasarkan pada berbagai dokumen sejarah, para pelarian ini berlindung di Skotlandia yang merupakan satu-satunya kerajaan  Eropa yang tidak mengakui kekuasaan Gereja Katolik pada abat itu. Mereka menyusun lagi kekuatan di bawah perlindungan Raja Robert the Bruce. Kemudian mereka menemukan sebuah penyamaran yang tepat dengan menyusup ke dalam serikat pekerja terkemuka di Kepulauan Inggris, yaitu lodge (pemondokan) para tukang batu. Dalam waktu singkat mereka menguasai lodge ini. Di awal era modern, nama lodge ini diganti menjadi Lodge Masonik. inilah awal berubahnya nama Ksatria Templar menjadi Mason, atau sekarang lebih popular disebut Freemasonry, sebuah organisasi rahasia dengan visi besar.

     

    PhilippeLeBel Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry
    Philippe Le Bel, Raja Perancis yang Memereintahkan Penangkapan Kesatria Templar pada 1307

     

    Seperti telah disinggung di awal, berdasakn teori konspirasi yang berkembang sejak tahun 1792, pada level internasional, Freemasonry dipercaya sedang berusaha mendorong terciptanya suatu tata pemerintahan dunia baru, pemerintahan dunia yang universal di bawah kendali doktrin mereka. Selama ratusan tahun, Freemasonry berevolusi menjadi sebuah kelompok persuadaraan yang para anggotanya  banyak memiliki pengaruh besar dan kekuasaan. Mungkin ini yang menyebabkan  teori konspirasi berkembang subur. Jejak-jejak aktivitas Freemasonry ditemukan di berbagai belahan dunia yang menandakan betapa luasnya wilayah penyebaran pengaruh mereka. Di Ameriak, 14 dari 44 presidennya adalah Mason termasuk George Washington, Andrew Jackson, Franklin D Roosevelt, dan Harry S Truman. 18 Wakil presiden Amerika, 9 dari 56 penandatangan deklarasi kemerdekaan Amerika, 18 Senator, 76 anggota DPR dan 35 hakim agung di Amerika juga merupakan Mason.

    “Saat ini paling sedikit sekitar sepertiga dari presiden Amerika adalah anggota persaudaraan, jadi merupakan sebuah tradisi substansial bagi para politisi untuk terlibat di dalam freemasonry.” Kata salah seorang mason.

     

    house of the temple Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry
    Hous Of Temple, Markas Freemasonry di Washington DC

     

    Di Inggris, Sebagian raja, ratu dan perdana menterinya adalah Mason, termasuk Winston Churchill dan pangeran Philip. Dalam bidang ekonomi, keluarga super kaya seperti Rockefeller, Chrysler, Hilton, JC Penney dan bahkan kolonel Sanders diketahui sebagai Mason. Di bidang music ada Beethoven, Mozart, Hendel dan Haydn. Dalam dunia sastra, ada Rudyard Kipling, Shakespeare, Voltaire, Tolstoy dan Sir Arthur Conan Doyle. Bahkan arsitek Menara Eiffel, Patung Liberty, Gedung Putih dan juga Mt Rushmore juga adalah anggota Freemasonry. Sungguh pengaruh yang sangat luas di berbagai kalangan.

    Freemasonry juga diduga berada dibalik gejolak dan peristiwa-peristiwa revolusi penting di berbagai Negara seperti Perancis, Turki, Inggris dan bahkan Indonesia. Di Indonesia, jejak-jejak Freemasonry dapat ditemukan meskipun memang tidak tertulis dalam sejarah. Buku-buku yang mengungkap tentang sejarah keberadaan jaringan Freemason di Indonesia sejak masa penjajahan tersebut, sampai saat ini masih bisa dijumpai di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Majalah resmi Freemason Hindia Belanda yang terbit di Semarang pada 1895 sampai awal tahun 1940-an, yaitu Indisch Macconiek Tijdschrift (Majalah Freemason Hindia), juga masih tersimpan rapi di sana.

     

    freemasonphoto Kesatria Templar dan Jejak Langkah Freemasonry
    Foto Para Grand Master Freemasonry di Life Magazine

     

    Memang pada awalnya Freemasonry diketahui sebagai organisasi rahasia. Namun pada perkembangan selanjutnya hingga hari ini, Freemasonry yang di kenal sebagai perkumpulan rahasia tampak tidak terlalu menjadi rahasia lagi. Lihat saja, saat ini kita sudah dapat menemukan website resmi organisasi ini. Para Grand Master-nya pun tidak segan berpose di Life Magazine dengan formasi piramid yang merupakan salah satu simbol Freemasonry.

    Diskusi