BMW i3 & i8, Konsep Mobil Listrik Masa Depan

,

BMW baru-baru ini saja memperkenalkan BMW seri i yang menggunakan Mesin bertenaga listrik, i3 dan i8. BMW i3 didesign dengan rear-wheel drive (awalnya disebut Megacity) berbahan dasar aluminium dan serat karbon-plastik, Mobil ini mampu menampung 4 orang (2 bangu depan dan 2 bangku belakang) dan Dilengkapi baterai lithium-ion125 kW dengan pendingin Liquid. Kekuatannya setara dengan 170 tenaga kuda (HorsePower), Sekitar 93 MPH atau 150 KM perjam dan kecepatan dari 0 sampai ke 60 MPH (setara 96 KM perjam) mampu melaju hanya dalam waktu kurang dari delapan detik.

Desain LifeDrive berbahan carbon passenger cell, membuat BMW i3 ini memilikiberat hanya 1.250 kilogram. Klaus Draeger, Penanggung jawab pengembangan BMW seri ini mengatakan bahwa berat mobil ini 250 kilogram lebih ringan dibanding mobil listrik konvensional lainnya dan dilengkapi bagasi dengan volume 200 liter, Namun tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan berada didalamnya.

Tidak seperti i3 standar, untuk seri BMW i8 akan menggunakan plug-in hybrid 260 kW, mobil hybrid dengan mesin tiga silinder 1.5 liter untuk kekuatan roda belakang dan sebuah motor listrik yang mengedepankan performa / kekuatan, untuk kecepatan dari 0 sampai ke 60 MPH diklaim mampu dibawah lima detik dan mampu melesat hingga 250 KM.

Namun sampai saat ini Pihak BMW masih merahasiakan kapan mobil ini masuk ketahap produksi tapi berdasarkan bocoran, BMW i3 siap diluncurkan pada 2013 sedangkan BMW i8 menyusul pada 2014. Rencananya, BMW i3 dan BMW i8 akan diproduksi di pabrik BMW di Leipzig, Jerman. BMW telah menyiapkan investasi awal sebesar 400 juta euro, untuk mendirikan bangunan dan menyiapkan fasilitas baru pada 2013.

Anda tergiur untuk memilikinya?

Gallery (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

images courtesy of Autoblog

 

 

Komentar