Bobol Ribuan Situs Online dan Dapatkan Miliaran Rupiah, Haikal Akan Direkrut Polri

Bobol Ribuan Situs Online dan Dapatkan Miliaran Rupiah, Haikal Akan Direkrut Polri

Nama Haikal mendadak tenar belakangan ini. Alasannya adalah kemampuannya menjebol sekitar 4.600 situs online termasuk membobol website milik maskapai penerbangan Citilink dan juga Tiket.com milik PT Global Networking.

Pasca ditangkap, Polri mengungkapkan rencana merekrut Haikal untuk bekerja di Polri. Tentunya Polri punya pertimbangan khusus dan mungkin akan merekrut individu-individu untuk memperkuat divisi cyber Polri yang kini dianggap masih perlu dibenahi.

Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi mengakui Polri memang berencana merekrut Haikal dan hacker-hacker lain untuk membantu sebagai tim siber dan partner Polri.

Iya, biar jadi lurus dan bermanfaat bagi bangsa,” ujar Idam

Sultan Haikal

Ditempat terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul, di kompleks Mabes Polri, mengatakan bahwa saat ini Haikal terlibat pelanggaran hukum kejahatan siber, pihaknya lebih dulu mengedepankan proses pidana kasusnya.

“Dia (Haikal) harus dihukum dulu untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” kata Martinus.

“Baru setelah itu kami, pihak kepolisan bisa melakukan komunikasi katakanlah untuk merekrut sebagai ahli dalam membantu penegakan hukum. Tapi, itu setelah dia menjalani hukuman. Tidak hanya dia, hacker-hacker mana pun,” katanya.

Haikal merupakan hacker lulusan SMP yang masih berusia 19 tahun. Dirinya belajar mengenai tekhnik hacking secara otodidak dan sudah menjebol ribuan website online milik pemerintah maupun swasta.

Aksinya yang banyak dibicarakan adalah membobol website Tiket.com  yang dilakukan bersama tiga orang temannya dan membuat perusahaan tersebut rugi hingga 4 miliar rupiah.

Sumber: Detik & Tribunnews

Pendapat Anda