Presiden Jokowi Berencana Pindahkan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan, Kapan itu?

Presiden Jokowi Berencana Pindahkan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan, Kapan itu?

Dengan kondisi kepadatan Jakarta dan berbagai pertimbangan lainnya seperti inginnya pemerataan dan tidak sentralistik, membuat wacana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke wilayah lain seperti Kalimantan kembali menguat.

Kali ini Presiden Jokowi yang punya niatan itu, memindahkan ibukota negara ke wilayah yang lebih dianggap memiliki keuntungan geografis, singkatnya berada di tengah-tengah seperti wilayah di Kalimantan Tengah yaitu Palangkaraya.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, nampaknya bukan sekedar wacana. Kabar terakhir menyebutkan Pemprov Kalteng telah menyiapkan lahan seluas 300 ribu hingga 500 ribu hektare sebagai lokasi bila kelak ditunjuk menjadi ibu kota RI.

Istana merdeka

Presiden disebutkan meminta Bappenas mengkaji soal pemindahan ibukota negara dan ingin nantinya jangan sampai memberatkan APBN dan jangan sampai harus berutang. Selain itu tentunya infrastruktur di daerah yang akan jadi ibukota negara tersebut juga harus bisa mengcover kebutuhan aktivitas pemerintahan.

Wacana pemindahan ibukota negara sebenarnya sudah berlangsung sejak lama, namun banyak faktor yang membuat wacana tersebut belum terealisasi, salah satunya ialah pembangunan infrastruktur.

Jadi kapan rencana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Palangkaraya akan terwujud? Nampaknya masih lama dan masih menunggu proses pembangunan infrastruktur di Kalimantan itu sendiri.

Credit : Liputan6

Pendapat Anda