Geger Es Teh Dibuat dari Air Mentah dan Air Limbah di Jakarta

Geger Es Teh Dibuat dari Air Mentah dan Air Limbah di Jakarta

Berhati-hatilah jika Anda membeli minuman seperti Es Teh dan sebagainya. Baru-baru ini terungkap bahwa penjual Es Teh di kawasan Monas (monumen nasional) yang menggunakan air limbah dalam pembuatannya.

Sumber air mentah yang digunakan untuk membuat Es Teh
Sumber air mentah yang digunakan untuk membuat Es Teh

Satpol PP Jakarta Pusat menangkap Hengky, warga Johar Baru dipergoki menggunakan limbah mengalir dari pipa paralon yang merupakan drainase rel kereta untuk membuat Es Teh.

Jerigen untuk menyimpan air
Jerigen untuk menyimpan air

Tak cuma bercampur air limbah dan air mentah yang tidak higienis, Hengky juga menggunakan toren (tempat penampungan air), ember, dan juga jerigen yang terlihat kotor dan tidak layak digunakan.

Ember yang digunakan terlihat kotor
Ember yang ada di dekat sumber air

Es Teh yang dibuat tersebut kemudian dijual di kawasan Monas, jalan Medan Merdeka Utara, dan jalan Medan Merdeka barat. Es Teh yang dijual dikemas dalam bentuk gelas plastik dan dicampur es batu.

Dengan adanya kejadian ini, Pihak Satpol PP Jakarta Pusat menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan lebih teliti dalam membeli minuman seperti Es Teh dan sebagainya.

Update 14 Maret 2016: Pihak kepolisian merilis hasil penyelidikan dan menyatakan bahwa Es Teh yang banyak dijual bukan bercampur air limbah, tetapi hanya air mentah.

Sumber & Foto: Merdeka.com

Pendapat Anda