Telkom dan Google Bantah Google.co.id Diretas

Telkom dan Google Bantah Google.co.id Diretas

Beberapa waktu lalu pengguna internet di Indonesia dikejutkan dengan tampilan laman depan Google yang tiba-tiba menjadi serba hitam. Rupanya, domain Google.co.id telah diarahkan ke situs lain oleh peretas yaitu b0x1.madleets.com.

Dalam tampilan yang telah mengalami perubahan tersebut, tertulis:

[!] Struck By 1337. Google Indonesia STAMPED by Team MaDLeeTs, Security is just an illusion.

Berikutnya dengan huruf merah tertulis:

‘LeeTHaXor @Y7Mail.com.

PT Telkom Indonesia menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan Telkom Speedy atas gangguan tersebut. Meski demikian, mereka membantah sistem layanannya telah dibobol. Telkom menegaskan kalau sistem DNS Telkom saat kejadian dalam kondisi aman tanpa indikasi serangan dari peretas.

Telkom juga meluruskan pemberitaan yang menyatakan hanya pelanggan Speedy yang mendapati halaman hitam tersebut. Gangguan itu ternyata juga dialami oleh pengguna ISP lain. Telkom juga berjanji akan makin menjaga keamanan jaringannya selama 7×24 jam untuk ke depannya.

Google yang menjadi korban kejahilan peretas itu juga mengeluarkan pernyataan melalui akun Twitter @Google_IDN.

“Untuk waktu yang singkat, beberapa pengguna yang mengunjungi http://google.co.id diarahkan ke situs lain,” tweet mereka .

Google juga menegaskan tidak ada pembajakan domain “google.co.id”. Mereka mengaku sudah menghubungi pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola nama domain dan masalah telah selesai.

Pendapat Anda